Langsung ke konten utama

Ada Apa Dengan Jakarta-Bandung

                                                    Ada Apa Dengan Jakarta-Bandung
Industri merupakan salah satu wadah yang menampung siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk kegiatan Praktek Kerja Industri (prakrin) dan bekerja.
Bagi siswa-siswi SMK industri adalah salah satu tujuan utuma yang dijadikan sebagai tempat prakrin atau bekerja. Industri mereka gunakan untuk megembangkan ketrampilan / skill yang dimiliki serta mengenal lebih jauh dunia kerja/dunia industri yang tentunya berbeda dengan ketika mereka duduk di bangku SMK.
Dengan realita diatas, maka muncul sebuah  gagasan untuk melaksanakan kegiatan pengelanan dunia industri yang ditujukan kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan. Kegiatan tersebut dewasa ini kita kenal dengan sebutan Kunjungan Industri.
Tidak mau ketinggalan dengan persaingan dalam dunia pendidikan, salah satu sekolah desa yang terletak di Klaten-Jawa Tengah yang terkenal dengan sebutan SMK Negeri 2 Klaten khususnya Jurusan Teknik Komputer & Jaringan (TKJ) juga melakukan kegiatan Kunjungan Industri dengan tujuan untuk mengenalkan kepada siswa-siswinya tentang dunia industri dan menggandeng (bekerja-sama) perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia untuk penempatan prakrin siswa-siswinya.
Tepatnya pada Rabu, 24 Agustus 2016 pukul 13.00 WIB rombongan siswa-siswi TKJ SMK Negeri 2 Klaten bersama guru pendamping dan beberapa cruew dari Biro Fortuna Travel (biro rujukan dari sekolah) mulai berangkat dari Klaten menuju Jakarta yang merupakan kota tujuan pertama kami. Sebelum keberangkatan menuju kota pusat pemerintahan Republik Indonesia, panitia kegiatan Kunjungan Industri Jakarta Bandung Teknik Komputer & Jaringan SMK Negeri 2 Klaten memberikan pengarahan kepada peserta kegiatan agar berperilaku layaknya siswa dan menaati tata tertib yang telah kita buat. Dengan mengucap basmallah “Bismillahhirohmanirohim” kami memulai perjalanan menuju Ibu Kota Republik Indonesia.
Perjalanan menuju Ibu Kota kita lalui dengan iringan musik pop yang membuat kita mengikuti indahnya lirik lagu bagaikan menari diatas daun. Tak terasa Kamis dini hari suasana dinginnya malam telah berganti menjadi panasnya ibu kota yang membangunkan kami dari tidur lelap diatas iringan musik. Suasana berubah menjadi genting ketika saya mendapat informasi dari  Detik.Com bahwa mereka tidak dapat menerima kunjungan kami karena berbagai alasan.
Waktu terus berjalan hingga menjelang adzan shubuh, saya yang kebetulan menjadi salah satu bagian dari panitia kegiatan tersebut bersama pembina berembuk untuk menentukan akan kami alihkan kemana kunjungan pertama kami. Irih-irih berlalu kami memutuskan untuk mengalihkan kunjungan kami menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang merupakan miniature dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hanya dengan merogoh gocek Rp. 10.000,- kita sudah bisa melihat bagaimana luasnya bumi pertiwi dan uniknya keanekaragaman budaya Indonesia. Taman Mini Indonesia adalah salah satu tempat wisata yang terdapat banyak museum, salah dua museum yang kita kunjungi adalah Museum Telekomunikasi dan Museum Listrik & Energi Baru.
Suara sirine dari megaphone panitia telah terdengar begitu nyaring, itu menandakan bahwa waktu kunjungan pertama kita sudah selesai. Qwords.com merupakan kunjungan kedua kita di Pusat Pemerintahan Republik Indonesia. Qwords.com adalah salah satu perusahaan hosting di dunia yang lahir dari seorang mahasiswa Institute Teknologi Bandung pada tahun 2005. Ia berfikir usaha apa yang dibutuhkan banyak orang yang berkaitan dengan internet. Dari situlah muncul perusahaan hosting yang sekarang kita kenal dengan nama Qwords.com.
Kurang lebih tiga jam kita mengenal perusahaan, melihat data center, dan mengamati server Qwords.com kami menuju Net.TV untuk melihat tayangan Ini Talk Show secara langsung. Pada kunjungan hari pertama kami mendapat banyak pengetahuan, wawasan, dan pengalaman baru tentang dunia industry dan perfilman di Indonesia selain itu saya mendapat kenang-kenangan dari Qwords.com berupa boneka, kenang-kenangan tersebut merupakan bentuk apresiasi dari Qwords.com karena saya bertanya pada sesi pengenalan perusahaan.
Udara kotor yang keluar dari cerobong industri ibu kota sangat menyengat hidung walaupun cahaya matahari sudah tertutup gelapnya malam. Wisma Hobi-Hobi merupakan tempat yang kita gunakan untuk meniti bintang guna menyiapkan diri untuk kunjungan selanjutnya.
Panas terik sinar matahari mulai terasa di Ibukota Indonesia, Gear Computer adalah perusahaan keempat yang kita kunjungi yang terletak di Ibukota Indonesia tepatnya di Gedung Metro Sunter Plaza Lantai 4. Gear computer merupakan salah satu perusahaan komputer yang bekerja sama dengan Axioo. Disana kami dikenalkan apa itu Gear Computer, ruang  dapur (produksi) Gear Computer, dan sedikit motivasi dari Tim Axioo Class Program yang mendampingi kami pada Kunjungan Industri kali ini.
            Sudah bosan dengan udara kotor di Ibu Kota RI kami menuju Kota Bandung yang terkenal dengan sebutan Paris Van Java. Masih sama dengan perjalanan menuju Ibu Kota RI perjalanan kami menuju Kota Bandung juga diiringi dengan indahnya lantunan musik, namun kali ini kami ditemani dengan iringan musik rock & dj. Udara segar dan sejuk mulai terasa di hidung kami dengan pemandangan pohon teh yang terdapat disepanjang jalan menuju wisata Pemandian Air Panas Sariater atau yang kita kenal dengan sebutan Ciater.
            Byur…Byur…Wow Panas suara itu mulai terdengar ditelingaku ketika sampai di Pemandian Air Panas Ciater. Tak mau ketinggalan menikmati indah dan hangatnya pemandian air panas di Ciater, kami juga ikut merasakan hangatnya air belerang yang dipercaya dapat menghilangkan capek/pegal-pegal yang membuat badan menjadi fresh setelah menempuh perjalanan panjang. Langit mulai menangis meneteskan air hujan yang cukup lebat, kami mulai bergegas naik untuk berganti pakaian.
            Udara semakin terasa dingin bintang-bintang mulai bersinar, kita bersinggah di Hotel S untuk beristirahat yang terletak di tengah Kota Bandung. Seleretan matahari mulai terlihat dari pintu masuk Hotel S, suara kendaraan mulai terdengar di telingaku. Telkom Indonesia yang terletak tidak jauh dari tempat kita bersinggah tepatnya di Jl. Lembong No. 11 Bandung, Jawa Barat merupakan kunjungan terakhir kita. Telkom Indonesia yang terletak di Bandung ini merupakan Cabang Telkom terbesar yang berada di Indonesia. Seharian penuh kami mengenal apa itu Telkom ?, layanan-layanan apa saja yang diberikan Telkom kepada customer?, jaringan yang digunakan Telkom, & melihat simulasi jaringan Telkom yang ada di Indonesia.
Kunjungan terakhir merupakan kunjungan yang sangat berharga bagi kami, karena kami mendapat ilmu baru tentang Fiber Optic. Teknologi Fiber Optic dalam dunia TI belum terlalu dikuasai banyak orang sehingga ilmu ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami sudah pernah merasakan bagaimana rasanya menyambung Fiber Optic. Saya pribadi membawa oleh-oleh sambungan Fiber Optic yang saya sambung sendiri dan merupakan pengalaman pertama saya dalam menyambung Kabel Fiber Optic. Oleh-oleh ini akan saya share kepada teman dan adik kelas saya di Klaten.
Hari semakin sore sang mentari mulai kembali ke ufuk barat. Alun-Alun Kota Bandung, Masjid Raya Bandung, Pusat Belanja Chiampelas merupakan tempat refreshing kita untuk sekedar melepas penak, berfoto-foto dan memebeli oleh-oleh untuk keluarga kami dirumah.
Ada hal yang berbeda dari perjalanan-perjalanan kami sebelumnya, biasanya perjalan dengan alunan musik meridu, perjalanan menuju Kota Bersinar bukan lagi kita iringi dengan lanunan musik merdu, melainkan perjalanan kita lakukan dengan meniti atap bus sepanjang hari.
           

            

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Kewirausahaan Kelas XI Semester Genap

1.       Produk kerajinan dari bahan keras merupakan produk yang dibuat dengan bahan dasar yang keras dan tidak mudah dalam pengolahannya. 2.       Bahan pembuatan kerajainan dari bahan keras : -           Kayu -           Bamboo -           Logam -           Batu 3.       Menjelaskan aneka produk kerajinan berbahan keras 4.       Contoh kerajinan dari bahan keras 5.       Fungsi kerajinan berbahan keras : -           Benda hiassan / dekorasi -           Benda terapan / siap pakai -           Benda mainan 6.       Unsur-unsur karya kerajinan a.        Unsur Estetika (Kendahan) Keindahan adalah nilai nilai estetis yang menyertai sebuah karya seni Nilai-nilai keindaan memiliki prinsip -           Kesatuan (unity) -           Keselarasan (harmoni) -           Keseimbangan (balance) -           Kontras b.       Unsur Ergonomis Merupakan karya kerajinan yang digunakan sebagai aspek fungsi/kegunaan -           Keamanan -           Kegunaan -

KONFIGURASI DASAR DEBIAN 7 MUH NANDA J R #UKK 2016

UKK Kelas 11 Teknik Komputer & Jaringan SMK Negeri 2 Klaten Yuk yang mau liat di youtube  Klik Ini !!  Yang pengen punya dan menyimpan video dari admin  Klik Ini Loh !!! Terima Kasih By : Muh Nanda J R

Rangkuman Bahasa Jawa Kelas XI SMK Semester Genap

1.       Isi ajaran pupuh gambuh serat wedhatama a.        Rasa syukur marang gusti Allah kang maha Agung kanthi suci ing batin b.       Ngadohi tumindak kang ala c.        Ngadohi watak angkara murka lan sifat ngedel ngendelake d.       Tekun nglakoni sembayang 2.       Isi ajaran dalam ceritha rakyat ande – ande lumu a.        Adil marang anak b.         3.       Ciri – ciri cerita rakyat a.        Disampaikan secara turun – temurun b.       Tidak diketahui siapa pengarangnya c.        Mengandung nilai – nilai luhur d.       Bersifat tradisional e.        Memiliki banyak versi dan variasi f.        Mempunyai bentuk bentuk klise dalam cara pengungkapannya g.       Berkembang dari mulut ke mulut h.       Bersifat anonym i.         Cerita rakyat di sampaiakan secara lisan 4.       Menulis dengan aksara jawa petikan serat kalatidha 5.       Menjelaskan paribasan Materi A.     Paugerane ( Ciri – Ciri ) tembang diperangkake ing telung kelompok :