Langsung ke konten utama

Go Digital Go Indonesiaku


Indonesia merupakan negara nomor tiga belas terbesar didunia dibawah Arab Saudi yang menempati posisi dua belas. Selain itu, Indonesia juga menempati posisi 6 dalam penggunaan internet terbesar diseluruh dunia. Tentunya penyebaran informasi melalui media digital atau internet merupakan hal yang dianggap paling efektif saat ini. Sistem penyebaran informasi seperti ini dikenal dengan istilah digitalisasi informasi. Dimana siapaun orangnya dapat mengakses semua informasi yang tersedia di internet tanpa batasan apapaun.

Tercatat bahwa hampir seluruh wilayah di Indonesia sudah terjangkau Internet. Akan tetapi, hingga saat ini internet belum bisa dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat maupun pemerintah Indonesia. Masyarakat lebih cenderung menggunakan internet untuk membuka atau mengakses media sosial.  Sebenarnya banyak peluang yang dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan masyarakat Indonesia untuk berbagai hal-hal positif. Khususnya berita yang sedang berkembang pesat dimasyarakat saat ini adalah pemilu serentak. Dalam dua tahun mendatang pemerintah mengagendakan akan diadakan pemilihan kepala daerah, wakil rakyat, hingga pemilihan presiden. Pesta demokrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia akan segera tersaji dalam satu hingga dua tahun kedepan. Pemilihan umum di Indonesia saat ini masih menggunakan media konvensional. Meskipun beberapa tahun kebelakang sudah ada sistem hitung cepat.  Akan tetapi sistem manual atau non digital tersebut masih menimbulkan banyak kekurangan-kekurangan.

Mulai dari pencetakan kartu suara, bayangkan saja berapa juta kartu suara yang harus dicetak untuk melaksanakan pesta demokrasi ini. Berapa sumber daya alam yang akan terbuang hanya untuk satu sampai dua minggu. Tentunya hal tersebut merupakan pemborosan sumber daya alam. Belum lagi proses pengiriman atau pendistribusian kartu dan kotak suara ke wilayah-wilayah pelosok negeri yang membutuhkan yang cukup lama. Dengan sistem ini saat pelaksanaan pemilu masih terdapat resiko terjadinya kecurangan. Kecurangan bisa saja terjadi saat pengiriman atau penghitungan hasil pemilu. Tentu hal tersebut dapat menodai asal pemilu di Indonesia yaitu LUBER JURDIL. Langsung Umum Bebas Rahasia Jujur dan Adil. Apabila terjadi kecurangan, tidak hanya calon pemimpin bangsa yang dirugikan akan tetapi hal tersebut akan berdampak pada masyarakat Indonesia.

Seharusnya pemerintah berani menerapkan sistem pemilihan online karya anak bangsa Indonesia. Pemilihan online saat ini sudah mulai dilakukan dilingkungan Sekolah Menengah Atas yang notabennya perangkat lunak yang digunakan adalah karya siswa-siswi mereka sendiri. Lalu, apakah pemerintah akan diam melihat hal seperti ini. Indonesia memiliki developer-developer yang sangat banyak dan berkualitas. Tentunya dengan sumber daya yang begitu banyak seharusnya pemerintah berani mengambil kebijakan untuk menerapkan sistem ini. Masalah bagaimana keamanan atau security kita serahkan semuanya pada yang menguasai agar tidak terjadi kecurangan-kecurangan dalam pemilihan umum online nantinya. Dengan menggunakan sistem pemilihan umum online sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang digunakan dapat diminimalisir. Selain itu, penghitungan suara tidak lagi dilakukan secara manual akan tetapi sudah dapat dilihat secara real time sehingga siapa yang mendapatkan perolehan suara tertinggi dapat dilihat dengan cepat.

Lalu, platform apa yang cocok untuk digunakan. Web App adalah platform cocok untuk digunakan. Mengapa Web App, karena aplikasi web bisa diakses dengan mudah dan cepat tanpa harus menggunakan peralatan atau device-device tertentu. Selain itu, saat ini masyarakat Indonesia telah terbiasa menggunakan internetnet khususnya website. Akan tetapi, sebelum diambilnya kebijakan ini pemerintah harus mengkaji terlebih dahulu dengan menggandeng pakar-pakar IT di Indonesia. Dengan publikasi atau penyampaian yang baik kepada masyarakat yang dibarengi dengan panduan pelaksanaan pemilu online tidak akan sulit rasanya untuk masyarakat beradaptasi dengan sistem pemilhan umum online nantinya.  


Lalu siapa yang akan menjadi penyedia layanan tersebut, untuk masalah ini serahkan saja kepada salah satu penyedia Web hosting di Indonesia ID Cloud Host. Selain memberikan pelayanan yang optimal kepada pelanggan atau customer ID Cloud Host juga meberikan penawaran-penawaran yang sesuai denga nisi kantong masyarakat Indonesia. Untuk urusan yang Hosting Murah di Indonesia memang ID Cloud Host lah yang paling wahid. Mari kita majukan Indonesia dengan tema Go Digital Go Indonesiaku.

Komentar

  1. Mantap bang, semoga pada pemilu selanjutnya sudah menggunakan sistem online

    BalasHapus
  2. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Kewirausahaan Kelas XI Semester Genap

1.       Produk kerajinan dari bahan keras merupakan produk yang dibuat dengan bahan dasar yang keras dan tidak mudah dalam pengolahannya. 2.       Bahan pembuatan kerajainan dari bahan keras : -           Kayu -           Bamboo -           Logam -           Batu 3.       Menjelaskan aneka produk kerajinan berbahan keras 4.       Contoh kerajinan dari bahan keras 5.       Fungsi kerajinan berbahan keras : -           Benda hiassan / dekorasi -           Benda terapan / siap pakai -           Benda mainan 6.       Unsur-unsur karya kerajinan a.        Unsur Estetika (Kendahan) Keindahan adalah nilai nilai estetis yang menyertai sebuah karya seni Nilai-nilai keindaan memiliki prinsip -           Kesatuan (unity) -           Keselarasan (harmoni) -           Keseimbangan (balance) -           Kontras b.       Unsur Ergonomis Merupakan karya kerajinan yang digunakan sebagai aspek fungsi/kegunaan -           Keamanan -           Kegunaan -

KONFIGURASI DASAR DEBIAN 7 MUH NANDA J R #UKK 2016

UKK Kelas 11 Teknik Komputer & Jaringan SMK Negeri 2 Klaten Yuk yang mau liat di youtube  Klik Ini !!  Yang pengen punya dan menyimpan video dari admin  Klik Ini Loh !!! Terima Kasih By : Muh Nanda J R

Rangkuman Bahasa Jawa Kelas XI SMK Semester Genap

1.       Isi ajaran pupuh gambuh serat wedhatama a.        Rasa syukur marang gusti Allah kang maha Agung kanthi suci ing batin b.       Ngadohi tumindak kang ala c.        Ngadohi watak angkara murka lan sifat ngedel ngendelake d.       Tekun nglakoni sembayang 2.       Isi ajaran dalam ceritha rakyat ande – ande lumu a.        Adil marang anak b.         3.       Ciri – ciri cerita rakyat a.        Disampaikan secara turun – temurun b.       Tidak diketahui siapa pengarangnya c.        Mengandung nilai – nilai luhur d.       Bersifat tradisional e.        Memiliki banyak versi dan variasi f.        Mempunyai bentuk bentuk klise dalam cara pengungkapannya g.       Berkembang dari mulut ke mulut h.       Bersifat anonym i.         Cerita rakyat di sampaiakan secara lisan 4.       Menulis dengan aksara jawa petikan serat kalatidha 5.       Menjelaskan paribasan Materi A.     Paugerane ( Ciri – Ciri ) tembang diperangkake ing telung kelompok :