Langsung ke konten utama

Latihan Soal Basis Data

1.      Jelaskan Karakteristik dari Basis Data?
a.       Self-describing
Basis data tidak hanya berisi data saja, tetapi lengkap dengan definisi dari data itu sendiri. Definisi data disimpan dalam catalok sistem (meta-data) yang berisi struktur setiap file, tipe dan fomat penyimpanan data, serta constraint dari data. Software DBMS dapat mengekstraksi data dari catalog dan menggunakannya.
b.      Isolation
Program pengaksesan DBMS ditulis secara terpisah dengan file-file yang bersifat spesifik seperti abstraksi data. Sehingga program dan data berdiri sendiri.
c.       Multi-view
Memungkinkan user yang berbeda untuk mendapatkan perspektif (view) basis data yang berbeda.
d.      Sharing data dan pemrosesan transaksi multi-user
Memungkinkan sejumlah user mengakses data secara bersamaan. Untuk itu DBMS perlu menyediakan ‘concurrency control software’ sehingga data yang diakses valid.
2.      Salah satu tujuan basis data adalah menghilangkan redundasi data. Berikan contoh kasus terjadinya redundansi data dan jelaskan mengapa redundansi basis harus dihindari?
-          Redundansi data dapat terjadi pada contoh basis data kemahasiswaan.
-          Pada sebuah tabel mahasiswa terdapat kolom (No, Nama Mahasiswa, Nama Dosen), ditabel yang lain dengan nama tabel jadwal juga terdapat tabel nama dosen. Jika nama dosen harus diinputkan dua kali maka akan memerlukan waktu yang cukup banyak dan penyimpanan yang digunakan juga semakin besar (redundan).
-          Sehingga dengan adanya relationship basis data hal tersebut dapat dihindari dengan menggunakan basis data. Data yang sudah dinputkan pada suatu tabel dapat digunakan pada tabel yang lain tanpa melakukan dua kali input, dan melakukan dua kali penyimpanan pada database yang sama.
3.      Beri penjelasan kelebihan penggunaan basis data disbanding dengan menggunakan pencatatan melalui buku atau menggunakan pencatatan melalui buku atau menggunakan program aplikasi Microsoft Excel?
a.       Duplikasi Data Dapat Diminimalkan
Duplikasi data dapat diminimalkan, dan biasanya data yang duplikat tersebut merupakan field kunci. Hal ini memang tidak bisa di hindari, karena field kunci ini digunakan nantinya sebagai key untuk hubungan antar tabel dan menyangkut integritas serta independensi data.
b.      Integritas Data Tinggi
Tingkat kevalidan data tinggi, karena data yang sama saling berelasi, sehingga apabila ada perubahan pada suatu data, maka data yang sama difile yang lain otomatis juga berubah.
c.       Independensi Data
Tingkat ketergantungan data sangat tinggi, dimana anda tidak bisa melakukan perubahan terhadap suatu data, jika data tersebut sedang dipakai oleh file lain.
d.      Konsistensi Data Tinggi
Ini berhubungan dengan independensi data, sehingga tingkat konsistensi data jadi tinggi.
e.       Dapat Berbagi (Sharing) Data
Ini merupakan salah satu keunggulan dari pengelolaan data dengan sistem database, dimana anda dapat saling berbagi dalam penggunaan file, baik bersifat jaringan maupun client server.
f.        Tingkat Keamanan Tinggi
Adanya pemberian password dan hak akses pada suatu file mengakibatkan hanya orang yang berhak saja yang bisa mengakses file tersebut, sehingga lebih aman.
g.      Mudahnya Mendapatkan Data
Proses mendapatkan data dan informasi pada database dapat dilakukan dengan mudah, terutama menggunakan Structure Query Language (SQL), yang merupakan bahasa standar dalam DBMS.
4.      Apa perbedaan basis data dan sistem basis data?
a.       Basis data adalah kumpulan terorganisasi dari data-data yang saling berhubungan sedemikian rupa sehingga dapat mudah disimpan, dimanipulasi, serta dipanggil oleh pengguna.
b.      Sistem Basis Data adalah sistem yang terdiri dari koleksi data atau kumpulan data yang saling berhubungan dan program-program untuk mengakses data tersebut.
5.      Sebutkan elemen-elemen yang menyusun sistem basis data?
a.       Hardware
Biasanya berupa perangkat komputer standar, media penyimpan sekunder dan media komunikasi untuk sistem jaringan.
b.      Operating System
Yakni merupakan perangkat lunak yang memfungsikan, mengendalikan seluruh sumber daya dan melakukan operasi dasar dalam sistem komputer. Harus sesuai dengan DBMS yang digunakan
c.       Database
Yakni basis data yang mewakili sistem tertentu untuk dikelola. Sebuah sistem basis data bisa terdiri dari lebih dari satu basis data
d.      Database Management System
Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola basis data. Contoh kelas sederhana: dBase, Foxbase, Rbase, MS. Access, MS. Foxpro, Borland Paradox. Contoh kelas kompleks: Borland-Interbase, MS. SQL Server, Oracle, Informix, Sybase.
e.       User
Orang-orang yang berinteraksi dengan sistem basis data, mulai dari yang merancang sampai yang menggunakan di tingkat akhir.
6.      Jelaskan bagaimana pengguna awam memandang data dalam sistem basis data?
Pengguna awam beranggapan bahwa data yang terdapat dalam basis data adalah data yang terstruktur atau data yang sudah rapi seperti output yang pernah mereka lihat atau temui. Biasanya mereka beranggapan data dalam basis data beruapa grafik yang menunjukan banyaknya data tersebut.
7.      Jelaskan kegunaan dari level konseptual dalam arsitektur sistem basis data?
Sebuah model rincian yang meliputi seluruh struktur organisasi data. Data konseptual ini antara lain terdiri dari kesatuan aktifitas yang relevan, hubungan-hubungan dan atribut-atribur seperti aturan-aturan kegiatan dan ketentuan tentang bagaimana data digunakan.
8.      Jelaskan perbedaan dari model data yang berbasis obyek dan model data yang berbasis record?
Data Berbasis Record adalah beberapa unsur data yang dikelompokkan secara logis, misalnya yang berkaitan dengan obyek data tertentu, sedangkan Data berbasis Obyek merupakan himpunan data dalam prosedur atau relasi yang menjelaskan hubungan logis antar data dalam suatu basis data berdasarkan pada obyek datanya.
9.      Diberikan ilustrasi kasus sebagai berikut: Sebuah perusahaan retailer memiliki domain usaha jual beli barang. Barang-barang yang diperjual belikan dikelompokkan menjadi 2 kelompok yaitu busana dan bahan makanan. Setiap pelanggan dimungkinkan untuk melakukan pembelian beberapa barang, dan setiap barang mungkin dibeli oleh beberapa pelanggan. Setiap barang hanya dibeli dari seorang distributor, meskipun seorang distributor dimungkinkan untuk menjual beberapa jenis barang sekaligus. Gambarkan kasus tersebut diatas dengan:
a.       Model Relasional
b.      Model Hireraki
c.       Model Network

DAFTAR PUSTAKA
1.      Keuntungan Menggunakan Basis Data, Rian-Shareku
2.      Karakteristik Basis Data, Saling Bagi
3.      Komponen Sistem Basis Data, Kinabi Poetra
4.      Basis Data dan Sistem Basis Data, Danar Noor
5.      Apa Saja Komponen Basis Data, Dictio

Komentar

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Kewirausahaan Kelas XI Semester Genap

1.       Produk kerajinan dari bahan keras merupakan produk yang dibuat dengan bahan dasar yang keras dan tidak mudah dalam pengolahannya. 2.       Bahan pembuatan kerajainan dari bahan keras : -           Kayu -           Bamboo -           Logam -           Batu 3.       Menjelaskan aneka produk kerajinan berbahan keras 4.       Contoh kerajinan dari bahan keras 5.       Fungsi kerajinan berbahan keras : -           Benda hiassan / dekorasi -           Benda terapan / siap pakai -           Benda mainan 6.       Unsur-unsur karya kerajinan a.        Unsur Estetika (Kendahan) Keindahan adalah nilai nilai estetis yang menyertai sebuah karya seni Nilai-nilai keindaan memiliki prinsip -           Kesatuan (unity) -           Keselarasan (harmoni) -           Keseimbangan (balance) -           Kontras b.       Unsur Ergonomis Merupakan karya kerajinan yang digunakan sebagai aspek fungsi/kegunaan -           Keamanan -           Kegunaan -

KONFIGURASI DASAR DEBIAN 7 MUH NANDA J R #UKK 2016

UKK Kelas 11 Teknik Komputer & Jaringan SMK Negeri 2 Klaten Yuk yang mau liat di youtube  Klik Ini !!  Yang pengen punya dan menyimpan video dari admin  Klik Ini Loh !!! Terima Kasih By : Muh Nanda J R

Rangkuman Bahasa Jawa Kelas XI SMK Semester Genap

1.       Isi ajaran pupuh gambuh serat wedhatama a.        Rasa syukur marang gusti Allah kang maha Agung kanthi suci ing batin b.       Ngadohi tumindak kang ala c.        Ngadohi watak angkara murka lan sifat ngedel ngendelake d.       Tekun nglakoni sembayang 2.       Isi ajaran dalam ceritha rakyat ande – ande lumu a.        Adil marang anak b.         3.       Ciri – ciri cerita rakyat a.        Disampaikan secara turun – temurun b.       Tidak diketahui siapa pengarangnya c.        Mengandung nilai – nilai luhur d.       Bersifat tradisional e.        Memiliki banyak versi dan variasi f.        Mempunyai bentuk bentuk klise dalam cara pengungkapannya g.       Berkembang dari mulut ke mulut h.       Bersifat anonym i.         Cerita rakyat di sampaiakan secara lisan 4.       Menulis dengan aksara jawa petikan serat kalatidha 5.       Menjelaskan paribasan Materi A.     Paugerane ( Ciri – Ciri ) tembang diperangkake ing telung kelompok :